Sabtu, 17 Mei 2014

Cerita Iseng Part II



Hujrati

            Hujrati  itu artinya kamarku. Nah ini nih sarangnya pengalaman yang ga terlupakan. Setelah proses administrasi sebagai murid baru selesai, kita lanjut ke asrama terus ngambil kamar. Jadi waktu itu  ngambil kamarnya engga boleh milih sendiri, tetapi pake nyabut lot. Bismillah, aku ngambil kertas .Semoga dapet kamar yang gede dan bagus nih. Tiiing, kertaspun  di buka. Taraaa. Aku dapat kamar ummu kalsum. Wuih, ini kamar yang mana ya?perasaan pas liat liat asrama kemaren ga ada yang namanya kamar ummu kalsum. Hmm. Semoga aja bagus, pikirku.

            Selang beberapa jam kemudian , aku ketemu sama Anggari dan Yulia, teman satu kampung. Aku tanya deh, mereka dapet kamar apa. Ternyata kamar Ummu Kalsum !cerita cerita sama mereka berdua, ternyata mereka juga ga suka sama kamar yang namanya amkalsam, jadi sangat bersyukur ketika mendapat kamar ummu kalsum.  Kalian masih ingat ga kamar amkalsam yang aku ceritain di awal yang bau pesing dan paling jelek itu. Ya itu dia. Kamar ummu kalsum. Dasar kami bego ga bisa baca tulisan arab gundul.Udah girang banget dapet kamar ummu kalsum eh ternyata dia si amkalsam, kamar yang aduuh. Haha buset dah. Oh iya, di pesantren ini satu daerah ga boleh sekamar. Tapi belakangan kami bertiga akhirnya sekamar juga. Hebat kan?
            Kami harus berpisah dengan keluarga. Deraian air mata tak dapat terelakkan. Kalo diingat ingat, lucu juga gaya tangisan orang -orang . Aku dan ibuku punya tipe tangisan “menangis diam-diam”, dan yang lain berbeda pula. Kamar kami menampung enam  orang. Aku, anggari, yulia dari lubuk basung, putri dari malalak, dan juwita dari muaro bungo. Kami mulai cerita kesana kemari, tertawa sepuasnya, masalah berpisah dengan keluarga untuk sementara terlupakan, sampai tibalah senja hari. Azan maghrib berkumandang. Kami segera bergegas ke masjid. Ya , masbuk tidak ditolerir disini. Ada iqobnya (hukuman) kalo telat. Apalagi sampai ga sholat ke mesjid. Seusai sholat maghrib, penghuni asrama putri bertadarrus bersama.
            Setelah tadarus rampung, nampak seorang santriwati yang menyepi ke satu sudut. Aku melihat ke sudut lain, ada  juga. Sudut satunya lagi eh juga ada. Semakin lama aku bertahan di masjid, eh semakin keliatan deh banyak banget yang duduk nyari tempat sepi kerumunan. Aku penasaran. Aku samperin deh salah satu dari mereka. Waduh, ternyata nangis, sedih pisah sama keluarga katanya. Ternyata teman teman yang lain juga pada nangis. Aku berusaha menghibur beberapa diantara mereka.
            Aku kembali ke kamar, kemudian bercerita tentang anak anak yang menangis tadi. Awalnya orang sekamar pada ngetawain , tapi tak lama kemudian putri menghilang dari pembicaraan. Nelungkuup aja dikasurnya. Setelah kami intipin , ternyata dia nangis woy. Pake sesunggukan segala lagi, saking sedihnya. Keinget orangtua katanya. Dan..perlahan tapi pasti anggari,yulia sama juwita nangis juga akhirnya. Aku  yang terbengong bengong menyaksikan temen kamar nangis, ikutan nangis juga ujung ujungnya. Haha,ada ada aja. Oh iya, tadi aku bilang semua penghuni kamar ini ada enam orang, yang anak baru cuma kami berlima, satu orang mursyidah (kakak kelas sebagai penanggung jawab). Mursyidah kami kak riri. Beliau belum di kamar pas acara tangis tangisan ini. Masih di kampung, maklum kampungnya jauh sih.
            Keesokan harinya mursyidah kami kak riri datang. Dengan tampang cemberut. Kami semua jadi mengkeret. Kenapa ya,dia kayak gitu? Kakak kamar yang lain pada ramah , tapi kakak yang satu ini boro- boro ramah, melihat kami aja nggak bersahabat. What’s wrong? Setelah melakukan riset lebih jauh cieleh,ternyata kak riri nggak mau jadi mursyidah, tapi ustadzah pembina tetep aja maksa. Jadi setengah hati gitu deh.
 Entah kenapa tahun pertama itu kami lukis dengan pertengkaran -pertengkaran dengan kak riri. Tahun setelah itu gak lagi lo, kak riri jadi ramah banget malah. Tahun pertama sebagai siswa baru banyak banget cerita pertentangan kami AB (anak baru) vs kak riri. Memang pada waktu itu kami badung sekali. Pernah  lagi asyik ngegosip, kak riri masuk kamar dengan tampang yah, seperti biasa cemberut plus ngempasin pintu kenceng banget. Jelas kami semua jadi jengkel. Kami nebarin sampah makanan di lantai. Abis makan bukannya dibersihin, malah sengaja nyampahin lantai. Tujuan kami jelas, bikin kak riri murka. Secara kak riri kan orangnya bersih. Pernah juga waktu malam jumat (hari jumat kami libur, minggu sekolah *ala pesantren) anak -anak kamar lain yang satu lantai sama kami main ke kamar kami. Jadi sesak deh tu kamar. Lagi ngomong ngalur ngidul *lagi, kak riri masuk kamar. Dengan wajah yang berhasil membuat semua tamu kami menghilang. Hahahah. Sepi lagi deh, kamar. Gak ada yang berani bercanda karena ada kak riri. Juga pernah kami dikunciin, nggak bisa masuk kamar . Sampe melibatkan ustadzah dan mursyidah mursyidah lain pula. Tapi itu dulu, jamannya kami badung. Kamar kami terkenal sebagai kamar yang sering banget bermasalah. Kak riri aslinya baik kok, dia dulu kayak gitu karena kami nakal aja, miss communication juga jadi penyebabnya(baru nyadar setelah tahun itu berlalu :D).
Juwita. Temanku yang satu ini kocak banget. Makannya ampuun porsi gede deh. Kalian harus lihat cara dia makan. Kaki bersila, tangan diangkat nyuap makanan cukup tinggi, daan suapnya itu lo gedee banget. Anaknya ceplas ceplos, lucu tapi. Ni anak  dulu cukup pelit, kalo lauk kami nih ya, dia ngambilnya bisa dua satu kali makan.Seenaknya deh. Nah, giliran dia dapet kiriman, biasa lah , orang jauh itu kirimannya banyak banget sampai berkardus, dia bilang “ ngambilnya satu satu aja yaa” dengan tampang innocent tak berdosa. Pada nyumpah deh orang sekamar. Juwi, giliran elo makan ngambil ngaak kira kira. Haha, begitulah. Aku juga punya cerita romantis yang mengharu biru sama juwita *ueek. Saat itu antrian di wc panjang lagi panjaang banget. Aku yang gak sabaran karena udah kebelet punya ide gila ngajakin juwi  ke dalam berdua . Dia setuju aja sambil cengengesan. Aku di depan dia dibelakang. Pas hajatku keluar. . .si juwita menyaksikan live. Hueek. Gak kebayang deh. Bau pula. Untung aja aku di depan. Jadi gak tersiksa gitu. Hahahah. Gila!
Di suatu malam jumat yang syahdu en tenang, pas kami sedang heboh ngerumpi *lagilagi “Duukk duukk” Tiba tiba lemari si juwita bunyi diketuk dari dalam gitu. Padahal lemarinya dikunci loh. Siapa coba yang iseng banget ngetokin. Kami jadi merinding. Suasana jadi senyap seketika. Untuk memastikan, kami nyuruh juwita ngebuka lemarinya, siapa tau ada anak kucing yang terperangkap di dalam. Dan ternyata  tidak! Lemari itu kosong. Lantas, itu apa yaaa?? Sumpah , horor banget. Kami berlima jadi tidur disatu kasur. Di kasur aku. Bayangin! Lima orang boo. Untung aja ga roboh dipannya. Posisinya ada yang normal telentang(aku pastinya , kan aku yang punya kasur). Ada yang tidur di kaki aku, ada yang sambil nyender, ada juga yang tidur duduk . Kasian banget.
Kamarku ini kamar yang paling banyak dapat jatah horornya. Kalo tidur udah lewat jam dua belas mulai deh, yang horor horor  menghantui. Tangga ke atap berbunyi-bunyi (di depan kamar kami ada tangga ke atap), plafon juga bunyi kayak derap kaki gitu. Entah kucing entah apa. Anehnya yang kayak gituan berbunyi kalo udah tengah malam. Diatas jam dua belas. Kalo dibawah itu sih, aman-aman aja. Pernah saking takutnya, kami sekamar nggak berani ke wc, karena harus ke lantai bawah dulu. Tahukah apa yang terjadi saudara- saudara? Kami kencing disatu ember bergiliran, trus diumpetin. Besok nya baru dibuang. Jorok banget ya. Perhatian! tidak untuk ditiru !
Di malam lain, juwita pernah ngompol karena takut ke wc. Dia yang sehari-hari lambaan banget kalo masalah mandi, tiba –tiba jam empat  udah mandi.kebetulan nih, gak susah-susah nyari tempat lagi. ba’daki  ya juwi ! pesanku. Di pesantren ini kamar mandinya panjaang banget. Semua mandi bareng, pakai kain basahan. Ada sih, kamar mandi yang buat satu orang, tapi cuma dikit. Disini kalo gak gesit bakalan susah mandi. Bisa-bisa gak kebagian air bersih. Kerak-kerak  airnya doang. Cara biar dapet tempat adalah dengan meletakkan alat-alat mandi kita di tepi bak pada malam harinya. Itu artinya tempat itu kamu yang punya. Besok pagi tinggal mandi deh. Itupun harus balapan, banyak yang mempraktekkan sih. Kalo nggak, harus siap mandi pagi- pagi banget . Sekitar jam empat gitu. Kalo udah dekat ke subuh gak bisa lagi. Dijamin, kamar mandi penuh. Begitu seterusnya sampai setengah tujuh.kalo mau sih, bisa juga jam tujuh an. Saat kamar mandi udah sepi. Hati-hati telat. Cara lain booking tempat adalah mesen sama teman lain. Caranya bilang “ba’daki ya ukhti” (habis kamu ya). Btw kata ba’daki ini sering diplesetin jadi badaki. Badaki itu bahasa minang, artinya ya berdaki. Beda banget sama arti aslinya “setelah kamu”. Jadi bahan becandaan deh. Badaki yaa. Ih, kami badaki deh. Kembali ke laptop!  Aku jadi keheranan. Selidik punya selidik ternyata si juwita  ngompol toh. Aku semangat 45 cerita ke teman sekamar. Semua pada senyum dikulum. Waw, ternyata teman-temanku semua ngompol , cuma nggak sekuyup si juwita.Edan.  Intinya, aku doang yang nggak ngompol. Aku gitu loh.
Kamarku adalah markas orang-orang iseng. Orang-orang yang ga bisa diam kalo liat kesempatan untuk beriseng ria. Suka gangguin orang. Suka merusak tidur cantik orang. Suka bongkar diary pula. Masalah tidur, aku adalah korban rutin. Aku orang yang ‘cukup’ pengantuk. Jadilah korban keisengan monster – monster ini. Kalau lagi bete nih, ga sengaja nendang orang yang gangguin. Maksudnya Cuma nendang dikit doang, eh malah sang sasaran kepelanting ke pintu. Juwi, Anggari, maaf yaa. Itu ga ada maksud buat nyakitin. Beda lagi sama yulia. Marahnya new version. Saat tidur pulas diganggu jin –jin gentayangan, dari tidur lelap gitu dia langsung berdiri dan berkata “eh , lo setan! Dasar setan ! ga ada kerjaan ! setaaan!” sambil ngelempar-lempar gaje. Bayangin, orang setengah sadar kaya gitu. Bikin ngakak. Waktu belajar di kamar sama kak riri, aku juga yang sering banget kena hukum. Baru lima belas menit belajar, mata udah lima watt. Alhasil, jam belajar aku ditambah. Pas lagi ngantuk sambil ngangguk-ngangguk kaya pelatuk, kak riri mukul meja dengan semangat proklamasi. Astaghfirullaaah! . Kalo tidur di ruang makan (ruangan gede yang dipakai belajar buat anak tahun pertama, dulunya  ruang makan)sih, aku bisa ngatasin. Tinggal mojok diantara lemari. Bobok deh. Haha. Jam sepuluh saat semua udah siap belajar, aku keatas deh, tidur lagi diatas  kasur yang empuk banget. Tapi anehnya, tahun berikutnya kan aku jadi anggota pendidikan nih, ngawasin orang belajar, aku nggak ngantuk lagi di jam belajar. Tegar banget mataku tersayang. Karena amanah kali ya? Ehm. Nah,  Kalo korban pembongkaran diary itu si Putri. Rahasia negara terbongkar. Jadi bahan olok-olokan. Memang, iseng adalah ‘hiasan’ kamar sederhana kami.
Pipis kucing. Ammonia cair yang membuatku menderita. Yap, anda tidak salah. Kasur ku adalah hal yang disukai kucing. Ga tau kenapa. Yang lain juga pernah jadi korban , tapi ngga sesering aku. Kayaknya  rindu banget pipisin kasur aku. Muntah juga. Menderitaaa. Kisah ini juga terlahir dari kamar luar binasa ini. Si ummu kalsum sang amkalsam yang legendaris (bagi kami).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar